Bolehkah ibu hamil minum Nutrisari? Berbahaya tidak?

Apakah boleh minum Nutrisari saat hamil? Apakah berbahaya kalau ibu hamil minum Nutrisari? Bagi para wanita hamil yang ingin minum minuman kemasan, baik itu yang kemasan botol, maupun sachetan yang berupa serbuk yang perlu diseduh, perlu hati-hati, karena tidak semuanya aman diminum bagi ibu hamil.

Ada berbagai merk minuman serbuk di pasaran Indonesia, seperti misalnya Marimas, Jasjus, dan Nutrisari. Nah, yang bakal saya bahas kali ini adalah tentang Nutrisari. Minuman serbuk ini memang termasuk salah satu yang terlaris. Meski harganya lebih mahal ketimbang minuman sejenis, tapi banyak yang suka.

Ada berbagai varian rasa Nutrisari, diantaranya adalah rasa jeruk, sirsak, markisa, jambu, mangga, dan stroberi. Nutrisari nikmat disajikan dengan air dingin, apalagi pas cuaca panas.

Namun, minuman serbuk biasanya mengandung bahan pengawet. Sedangkan bahan pengawet makanan tidak bagus untuk ibu hamil. Bahan pengawet yang ditambahkan dalam makanan sebenarnya berguna supaya makanan tersebut dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama, sehingga makanan tidak cepat kadaluwarsa dan aman jika disimpan dalam waktu yang lama.

Namun, bagi ibu hamil disarankan untuk menghindari makanan yang mengandung bahan pengawet. Balik lagi ke topik, lalu apakah Nutrisari mengandung bahan pengawet?

Ada web resmi Nutrisari yang beralamat di www.nutrisari.co.id. Di situ ada informasi seputar produk Nutrisari. Berdasarkan hasil penelusuran di Google, saya menemukan link halaman tanya jawab tentang produk Nutrisari. Namun, setelah diklik, ternyata menunjukkan error.

Tapi, Google masih menyimpan cache halaman tersebut sehingga masih diakses. Di situ disebutkan bahwa Nutrisari diproses tanpa penambahan bahan pengawet. Disebutkan juga bahwa Nutrisari aman diminum oleh ibu hamil.

Pertanyaannya, apakah benar-benar aman? Anggap saja Nutrisari benar-benar tanpa bahan pengawet. Tapi, bagaimana dengan gula dan pemanis buatan? Ternyata minuman serbuk Nutrisari tak lepas dari kedua bahan itu.

Lalu amankah kalau ibu hamil mengonsumsi gula dan pemanis buatan? Gula jelas diperlukan oleh tubuh. Namun, jumlahnya juga harus sesuai. Jika kelebihan gula tidak baik untuk tubuh. Sedangkan pemanis buatan adalah pengganti gula. Kalau segelas air perlu beberapa sendok gula pasir biar manis, sedangkan kalau pakai pemanis buatan perlu sedikit saja untuk membuat minuman tersebut jadi manis.

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari web klikdokter (https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3616726/bolehkah-ibu-hamil-mengonsumsi-pemanis-buatan), Pemanis buatan aman dikonsumsi wanita hamil, asal dikonsumsi secara wajar, tidak menimbulkan kenaikan berat badan secara berlebih. Akan tetapi perempuan yang mengalami obesitas atau diabetes baik sewaktu sebelum hamil maupun ketika hamil, tetap harus membatasi konsumsi pemanis buatan.

Di website tersebut juga disebutkan pemanis buatan yang aman dikonsumsi bagi ibu hamil, yaitu aspartam, asesulfam kalium, xylitol, manitol, sorbitol, dan sukralosa.

Aspartam sering digunakan dalam minuman kemasan. Bagi wanita hamil yang mengidap fenilketonuria dan kadar fenilalanin tinggi dalam darah, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung aspartam.

Selain pemanis buatan tadi, ada juga pemanis buatan lainnya, yang tidak aman dikonsumsi oleh ibu hamil, seperti stevia, saarin, neotame, thaumatin, dan siklamat. Untuk itu, hindari mengonsumsi produk yang menggunakan bahan tersebut,

Nutrisari mengandung pemanis buatan aspartam dan asesulfam kalium, yang merupakan pemanis buatan yang dianggap aman untuk ibu hamil.

Namun, di kemasan Nutrisari, di bagian belakang di bawah barcode terdapat keterangan bahwa minuman ini disarankan tidak dikonsumsi oleh ibu hamil.

Lho kok tidak boleh? Bukannya bahan-bahannya aman untuk ibu hamil? Bukannya tidak boleh, tapi sebaiknya dihindari. Bagi yang masih bingung apakah Nutrisari ini aman atau tidak kalau dikonsumsi wanita hamil, bisa hubungi nomor CS Nutrisari yang tercantum di bagian belakang kemasan.

Untuk lebih amannya, sebaiknya hindari mengonsumsi Nutrisari selama masa kehamilan dan menyusui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *