Apakah sabun Pepaya RDL aman / berbahaya untuk ibu hamil?

Apakah wanita hamil boleh memakai sabun pepaya? Apakah sabun pepaya RDL aman untuk ibu hamil dan menyusui? Sabun seperti apa yang cocok untuk ibu hamil? Adakah efek samping sabun pepaya RDL jika digunakan oleh perempuan hamil?

Melakukan perawatan wajah saat hamil tak boleh asal-asalan. Tidak semua produk perawatan wajah cocok untuk ibu hamil. Meski produk tersebut sudah terdaftar di BPOM, kandungan bahan produk tersebut belum tentu sesuai jika digunakn oleh wanita hamil, apalagi produk skin care yang tidak terdaftar di BPOM.

Salah satu produk perawatan wajah yang digunakan oleh banyak orang adalah sabun. Menggunakan sabun wajah merupakan cara praktis untuk melakukan perawatan wajah. Dengan banyaknya orang yang memakai sabun wajah, tentu ini merupakan peluang yang bagus dari segi bisnis. Tak heran jika ada berbagai merk sabun wajah di pasaran.

Salah satu sabun wajah yang cukup diminati yaitu sabun merk RDL. Adapun salah satu varian produk RDL adalah sabun pepaya. RDL bukan merk dalam negeri, melainkan dari luar negeri, sehingga produk-produk RDL adalah produk impor. Adapun perusahaan produsen RDL ada di Filipina.

Lalu bagaimana dengan keamanan sabun RDL?
Meski diproduksi di luar, dan produk RDL yang asli yang beredar di Indonesia adalah produk impor, sabun pepaya RDL sudah terdaftar di BPOM sehingga aman digunakan. Produk ini terdaftar di BPOM dengan nomor pendaftaran NA40170500158.

Pendaftar sekaligus pengimpor resmi produk ini di Indonesia adalah PT Amosys Indonesia.

Meskipun begitu, tak semua produk RDL terdaftar di BPOM. Misalnya saja RDL Hidroquinone Tretinoin Babyface. Produk ini tidak bisa didaftarkan di BPOM sebagai kosmetik. Hal ini karena berdasarkan peraturan di Indonesia, kosmetik tidak boleh mengandung hidrokinon.

Waspada dengan sabun pepaya RDL palsu!
Jika ada berita tentang penggrebekan pabrik sabun RDL di Indonesia, maka dipastikan itu adalah produk RDL palsu. Hal ini karena sabun pepaya RDL diproduksi di Filipina. Ini berarti yang berbahaya adalah sabun RDL palsu. Jangan gampang tergiur dengan harga sabun pepaya RDL yang jauh lebih murah di bawah harga pasaran. Sebagai gambaran, harga sabun pepaya RDL ukuran 135 gram adalah Rp22.500.

Lalu adakah efek samping sabun pepaya RDL?
Penggunaan produk perawatan wajah ada kemungkinan tidak cocok. Jika dirasa tidak cocok, sebaiknya hentikan penggunaan. Waspada juga dengan produk palsu. Jika terjadi pengelupasan sampai kulit memerah, menimbulkan peradangan, sebaiknya hentikan penggunaannya.

Lalu apakah sabun pepaya RDL aman atau berbahaya untuk ibu hamil?
Sabun yang dijual di pasaran, yang sudah terdaftar di BPOM sebenarnya aman-aman saja digunakan, karena umumnya sabun-sabun tersebut tidak berbahaya bagi ibu hamil dan janin. Jika produk tersebut tak boleh digunakan untuk ibu hamil, biasanya ada keterangan di kemasannya (referensi: alodokter.com). Namun, jika ragu, bisa dikonsultasikan ke dokter spesialis kulit.

Jika Anda berminat ingin mencoba sabun pepaya RDL, usahakan agar mendapatkan produk yang asli. Sabun RDL tidak dijual di Indomaret dan Alfamart. Namun, saya tidak tahu apakah sabun ini dijual di mal-mal besar sepeti Carrefour, Hypermart, dan Giant atau tidak.

Demikian pembahasan tentang apakah sabun pepaya RDL aman untuk ibu hamil atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *